Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

Penjelasan Singkat Mengenai Diabetes

Penyakit - 06 Mar 2019 Oleh Diaz

139 Kali Dibaca

Apakah sebenarnya Diabetes Melitus atau kencing manis itu?

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Ada 2 jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu:

Diabetes tipe 1
Suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak & remaja.

Diabetes tipe 2
Terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga.

Mengapa bisa terkena diabetes?

Pencernaan dan penyerapan gula

Sebelumnya perlu diketahui, bahwa kondisi penyakit ini erat kaitannya dengan kadar gula darah (glukosa). Glukosa sangat penting untuk tubuh, karena bekerja sebagai sebagai sumber energi bagi sel-sel dan jaringan tubuh, terutama otak. Glukosa sebenarnya berasal dari makanan yang Anda makan dan dari disimpan sebagai cadangan di dalam hati (liver). Jenis glukosa yang disimpan di hati disebut dengan glikogen.

Jika Anda belum makan otomatis kadar gula darah akan rendah, liver akan memecah glikogen menjadi glukosa dan menyeimbangkan kadar gula darah Anda. Namun sayangnya, sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan “bahan bakar” ini langsung tanpa bantuan hormon insulin yang seharusnya dihasilkan oleh kelenjar pankreas.

Hormon insulin membuat glukosa lebih mudah untuk diserap oleh sel-sel tubuh sehingga menurunkan kadar gula dalam aliran darah. Namun, jika Anda mengalami gangguan fungsi pankreas hingga jumlah produksi insulin, maka kadar gula dalam darah akan terus meningkat.

Sementara itu, sel-sel dalam tubuh yang akhirnya tak mendapatkan ‘bahan bakar’ akan merasa kelaparan. Hal ini kemudian membuat tubuh menganggap bahwa ia sedang kekurangan gula sehingga memecah glikogen kembali. Pada akhirnya, gula akan terus menumpuk di dalam darah dan terjadilah kadar gula darah tinggi yang disebut dengan hiperglikemia.

 


Bagikan Artikel Ini