Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

PAP SMEAR Untuk Pencegahan Dini Kanker Serviks

Jaminan Kesehatan Nasional/BPJS - 04 Oct 2017 Oleh Sinta

366 Kali Dibaca

Pap Smear adalah metode pemeriksaan sel-sel yang di ambil dari leher rahim dan kemudian samplenya di bawa ke laboratorium. Sebenarnya Pap Smear merupakan pemeriksaan yang mudah dikerjakan, cepat, aman, tidak sakit dan murah guna untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim. Namun kebanyakan para wanita enggan untuk melakukan pemeriksaan tersebut karena berbagai hal, misalkan karena ketidaktahuan atau kurangnya informasi dan komunikasi, rasa malu, rasa takut, dan karena faktor biaya.

Manfaat Pap Smear

Sebenarnya apa sih manfaatnya dari melakukan pemeriksaan Pap Smear?

Nah karena Pap Smear berguna sebagai pemeriksaan penyaring (skrining) dan pelacak adanya perubahan sel ke arah keganasan secara dini maka kelainan prakanker dapat terdeteksi serta pengobatannya menjadi lebih murah dan mudah.

Waktu

Kapan sebaiknya dilakukan pemeriksaan Pap Smear?

American Cancer Society (2009) merekomendasikan semua wanita sebaiknya memulai skrining 3 tahun setelah pertama kali aktif secara seksual. Pap Smear dilakukan setiap tahun. Wanita yang berusia lebih dari 30 tahun dengan hasil Pap Smear normal selama 3x berturut-turut, maka melakukan tes kembali setiap 2-3 tahun, kecuali wanita dengan risiko tinggi harus melakukan tes setiap tahunnya.

Tempat

Dimana bisa dilakukan pemeriksaan PapSmear?

Pemeriksaa Pap Smear bisa di lakukan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang melayani pemeriksaan Pap Smear. Dan untuk daerah Cianjur,Cipanas, Puncak, Bogor dan sekitarnya tidak usah repot-repot mencari Faskes yang menerima Pemeriksaan Pap Smear karena sekarang di Klinik Keluarga melayani pemeriksaan Pap Smear setiap 3 bulan sekali dan dijamin Privasi dan kerahasiaannya. Biayanya kira-kira berapa ya untuk pemeriksaan Pap Smear di Klinik? Pasti mahal... Nah bagi para wanita yang ingin melakukan tes PapSmear tidak perlu khawatir karena pemeriksaan PapSmear di Klinik Keluarga bisa menggunakan BPJS/KIS/ASKES jadi tidak di pungut biaya apapun. Untuk info lebih lanjut bisa datang langsung ke Klinik Keluarga di alamat Kp Cigombong RT 01/09 No.64, Desa Ciherang, Kec.Pacet, Kab.Cianjur (43253) atau bisa telepon ke (0263) 513513 dan Whatsapp/SMS ke 0857-70513513.


Bagikan Artikel Ini