Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

Manfaat Senam Hamil

Bidan/Persalinan - 18 Dec 2018 Oleh Diaz

49 Kali Dibaca

Masa kehamilan membuat tubuh cepat lelah dan membuat moms ingin terus berbaring santai saja. Padahal tidak bergerak aktif di masa kehamilan justru dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan bisa mempersulit proses persalinan. Diperlukan olahraga yang dilakukan secara teratur supaya dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk menjalani persalinan.

Salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Senam hamil meningkatkan kelenturan, kekuatan, dan menjaga sistem jantung dan kardiovaskular atau pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan dengan Senam Hamil
Tujuan senam hamil adalah menyehatkan ibu hamil serta memperlancar proses persalinan dengan memberikan gerak latihan pada otot-otot dan bagian tubuh yang akan paling banyak berperan dalam proses persalinan tersebut misalnya tulang panggul, otot perut, dan otot paha, hingga nantinya ibu hamil diharapkan mampu melakukan persalinan normal dengan lancar. Adapun manfaat senam hamil yang dilakukan secara teratur, antara lain:

  1. Meredakan rasa nyeri dan sakit selama masa kehamilan
  2. Mengencangkan otot
  3. Meringankan nyeri akibat pertambahan beban tulang belakang ibu
  4. Meningkatkan kerja jantung dan paru-paru
  5. Memperkuat sendi
  6. Membantu menghindari pertambahan berat badan berlebihan
  7. Membuat tidur lebih nyenyak

Dari sisi psikologis, senam hamil membuat ibu berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan. Tidak hanya itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu ibu untuk segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina seperti semula.

Yuk ikut senam hamil di Klinik Keluarga moms, selain senam, ada penyuluhan juga dari bidan-bidan klinik keluarga.
Senam hamil klinik keluarga Setiap minggu k2 dan k4 Hari minggu pukul 09.00 s/d selesai


Bagikan Artikel Ini