Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

Manfaat Gerakan Shalat Bagi Ibu Hamil

Bidan/Persalinan - 02 Sep 2019 Oleh Diaz

194 Kali Dibaca

Bagi ibu hamil, shalat tidak hanya merangsang tumbuhnya rasa tenang dalam hati. Shalat dapat memberikan efek terapis yang manfaatnya kembali pada diri dan buah hati. Gerakan dalam shalat terbukti memberikan efek luar biasa bagi hamba yang rutin menjalankannya.

Najwa Ibrahim as-Sa’id ‘Ajlan, dokter spesialis masalah wanita dan persalinan di Pusat Kedokteran Riyadh, mengatakan bahwa wanita hamil, bila melakukan gerakan shalat dengan benar, maka membantu sirkulasi darah dalam tubuhnya. Shalat meminimalisir pemekaran pembuluh darah di betis, yang biasanya terjadi pada sebagian wanita pascamelahirkan.

Takbiratul ihram, disebut sebagai teknik relaksasi pasif, karena terjadi pemusatan perhatian yang ditujukan kepada Allah Swt. Itulah sikap meditasi sempurna. Manfaatnya antara lain melancarkan peredaran darah serta menstabilkan jantung, paru-paru, pinggang, dan tulang punggung.

Dengan gerakan ruku’, tulang belakang berada dalam kondisi baik, corpus vertebrata menjadi lentur, menghindari penyempitan dan pengapuran tulang. Menurut para ahli, gerakan ruku’ secara sempurna dapat memperbaiki sistem saraf.

Sujud sempurna bermanfaat memperlancar getah bening yang dipompa ke leher dan ketiak. Saat sujud, posisi jantung berada di atas otak, sehingga darah kaya oksigen mengalir maksimal menuju otak.

Walau gerakan shalat kaya manfaata bagi kesehatan, namun dalam pelaksanaannya tetap harus diniati lillahi ta’ala (karena Allah saja) dan mengharap ridho-Nya. Sebagai hamba, sudah selayaknya kita taat dan mengabdi kepada Sang Maha Pemberi Kehidupan.

Klinik Keluarga menerima persalinan 24 jam. Persalinan Klinik Keluarga dengan Bidan yang profesional dan berpengalaman. Ibu sehat, anak sehat. (Klinik Bersalin Klinik Keluarga)


Bagikan Artikel Ini