Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

Hipertensi "The Silent Killer"

Penyakit - 06 Mar 2019 Oleh Diaz

94 Kali Dibaca

Assalamualaikum sahabat Klinik Keluarga. Tau gak sih? Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah yang meningkat pada arteri. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100 - 140 mmHg dan diastolik 60 - 90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi apabila terus menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi terbagi menjadi hipertensi primer atau hipertensi sekunder. Sekitar 90–95% kasus tergolong “hipertensi primer”, yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, atau sistem endokrin menyebabkan 5-10% kasus lainnya (hipertensi sekunder).

Penyakit Hipertensi tidak bisa diremehkan, karena jika dibiarkan, Hipertensi dapat menyebabkan seseorang terkena stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arteri, penyakit arteri perifer dan penyebab penyakit ginjal kronik.

Perbaikan pola makan dan gaya hidup dapat memperbaiki kontrol tekanan darah dan mengurangi risiko terkait komplikasi kesehatan. Mesikpun demikian, obat seringkali diperlukan pada sebagian orang apabila perubahan gaya hidup saja tidak cukup atau tidak efektif.

Hipertensi jarang menunjukkan gejala, dan pengenalannya biasanya melalui skrining, atau saat mencari penanganan medis untuk masalah kesehatan yang tidak berkaitan. Beberapa orang dengan tekanan darah tinggi melaporkan sakit kepala (terutama di bagian belakang kepala dan pada pagi hari), serta pusing, vertigo, tinitus (dengung atau desis di dalam telinga), gangguan penglihatan atau pingsan.

Ayo kontrol tekanan darah. Bertanggung jawablah atas diri Anda dan tekanan darah Anda mulai hari ini. Seimbangkan Gizi, Enyahkan Rokok, Hadapi dan Atasi Stres dan Teratur Berolahraga.


Bagikan Artikel Ini