Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

Scaling Saat Puasa. Bolehkah?

Poli Gigi - 07 May 2019 Oleh Diaz

165 Kali Dibaca

Assalamualaikum sahabat Klinik Keluarga. Tau gak sih? Bau mulut saat puasa itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya dari plak yang menempel pada gigi atau dari rongga lambung yang kosong akibat berpuasa.

Saat berpuasa, di dalam rongga mulut mikro organisme akan meningkat karena salifa dalam rongga mulut berkurang. Hal tersebut menjadi penyebab tumbuhnya karang pada gigi. Sebenarnya Scalling (pembersihan karang gigi) saat berpuasa itu boleh dilakukan.

Allah menghendaki hambanya untuk selalu menjaga kebersihan, Rasul sendiri juga menganjurkan umatnya untuk bersiwak saat wudhu.

Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhari)

Dalam hadist diatas menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan agar selalu bersiwak (membersihkan gigi) disaat berwudhu. Dan saat puasa kita juga melaksanakaan ibadah sholat yang disertai berwudhu sebelumnya. Maka dari itu selama tidak ada sesuatu yang masuk di kerongkongan maka scalling gigi saat berpuasa sah-sah saja untuk dilakukan.

Jadi jika anda sudah merasa gigi anda terasa kasar, lalu gusi berdarah serta bau mulut tidak sedap, bisa segera konsultasi ke dokter gigi untuk melakukan pengecekan dan melakukan Scalling gigi.

Yuk Scaling dan konsultasikan gigi anda di Poli Gigi Klinik Keluarga. agar ibadah puasa kita bisa tetap lancar dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut.


Bagikan Artikel Ini