Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

Mengenal Karies Atau Lubang Pada Gigi dan Cara Perawatannya

Poli Gigi - 29 Dec 2017 Oleh Nafla

403 Kali Dibaca

Karies gigi adalah sebuah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri penghasil asam yang dapat merusak struktur gigi. Karies gigi atau yang lebih di kenal sebagai gigi berlubang merupakan penyakit yang paling banyak di alami oleh semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa yang disebabkan karena kurang tepatnya cara merawat kesehatan gigi. Penyakit ini bila tidak cepat-cepat di atasi akan  memperbesar lubang gigi, menyebabkan nyeri pada gigi,tanggalnya gigi dan berbagai kasus bahaya lainnya.

Karies gigi juga terjadi pada anak-anak yang disebut Karies Botol Susu, karies ini lebih sering terjadi di bagian gigi depan rahang atas. Kenapa di sebut karies botol? karena sering muncul pada anak-anak yang tidur dengan botol susu yang masih menempel pada mulutnya dimana sisa cairan manis seperti susu yang tersisa menyebabkan timbulnya karies gigi tersebut.

PENYEBAB

Karies gigi lebih banyak di sebabkan oleh kurang tepatnya cara menggosok gigi. Bakteri, asam, sisa makanan dan air liur akan bergabung dan menjadi plak yang lama kelamaan menjadi karang gigi sehingga asam dalam plak akan membuat gigi berlubang yang lama kelamaan menjadi semakin besar dan dalam.

CIRI - CIRI

Dan adapun ciri-ciri atau gejala adanya karies atau lubang pada gigi adalah sebagai berikut :

  1. Gigi sensitif
  2. Sakit gigi
  3. Terasa ada lubang pada gigi
  4. Noda berwarna coklat atau hitam pada permukaan gigi
  5. Nyeri saat mengunyah makanan

 

DAMPAK

Bila gigi berlubang tidak cepat-cepat di atasi lama kelamaan akan mengakibatkan infeksi, abses (benjolan berisi nanah pada gusi), gigi nyeri, tanggalnya gigi, dan dampak bahaya lainnya bahkan bisa berdampak pada kematian.

PENCEGAHAN DAN CARA MERAWAT GIGI

  1. Sikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride untuk memperkuat enamel gigi
  2. Kumur dengan air setelah mengonsumsi makanan
  3. Memakai benang gigi untuk membersihkan sampai ke sela-sela gigi
  4. Apa bila dirasa gigi telah berlubang tambal gigi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut
  5. Memeriksakan diri ke dokter gigi dan lakukan perawatan pembersihan karang gigi (scalling) minimal setiap 6 bulan sekali

Pada dasarnya untuk merawat kesehatan gigi tidaklah terlalu ribet dan sulit, cukup dengan menjaga kebersihan gigi dengan rajin menggosok gigi dan lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.

Klinik Keluarga melayani pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut bagi pasien Umum dan BPJS, ayo datang ke Klinik Keluarga di Kampung Cigombong No. 64 RT. 01/09 Kecamatan Pacet, Cianjur Jawa Barat. Atau hubungi kami di nomor telepon 0263 513513 dan WhatsApp 085770513513.


Bagikan Artikel Ini