Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

Apa Itu Gondongan? Dan Bagaimana Mencegah Gondongan?

Kesehatan - 22 Dec 2017 Oleh Sinta

538 Kali Dibaca

Parotitis/Mups atau yang biasa kita sebut dengan gondongan adalah penyakit dimana seseorang mengelami ganggguan pembengkakan yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar parotitid (kelenjar yang memproduksi air liur). Kelenjar ini tepatnya terletak di bawah telinga disamping wajah, maka dari itu orang yang terkena penyakit ini bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar.

Penyakit ini merupakan penyakit menular pada umunya karena penyakit ini disebabkan oleh virus dari keluarga paramyxovirus yang penyebarannya mirip dengan virus flu, contohnya jika kita sedang berada dilingkungan orang yang terkena gondongan tiba-tiba orang itu batuk atau bersin maka kita akan berpeluang untuk terkena penyakit ini atau bisa juga degan kontak secara tidak langsung seperti kita memakai handuk, baju dll yang sama dengan sipenderita.

 

Gejala

Setelah penyakit ini mengalami masa inkubasi sekitar 12-24 hari dan rata-rata 17-18 hari maka gejala yang akan timbul adalah :

  1. Demam tinggi
  2. Nyeri sendi
  3. Mulut kering
  4. Nyeri perut
  5. Hilang nafsu makan
  6. Lelah
  7. Sakit kepla

Gejala diatas biasanya timbul sebelum adanya pembekaan tapi jika sudah ada pembekakan maka penderita akan mengalami kesulitan menelan dan merasakan nyeri pada sisi wajah

Pencegahan

  1. Penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin dengan memberikan imunisasi MMR pada anak. Pemberian vaksin ini dilakukan saat anak berusia usia 12-18 bulan dan harus diulang ketika ia berumur 6 tahun
  2. Apabila terlanjur tidak mendapatkan vaksin saat kecil maka kita harus melakukan pencegahan yaitu dengan cara selalu menjaga kebersihan tangan dan tidak berbagi peralatan mandi atau memakai barang yang sama dengan orang lain

Komplikasi

Biasanya penderita gondongan akan pulih total tanpa penyulit tetapi kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu keadaan ini akan menimulkan komplikasi dimana virus dapat menyerang organ selain kelenjar liur tadi. Hal ini bisa bisa saja terjadi terutama jika infeksi terjadi setelah masa pubertas.

Dibawah ini komplikasi yang dapat terjadi karana penanganan atau pengobatan yang kurang dini :

  1. Orkitis : peradangan pada salah satu atau kedua testis
  2. Ovoritis : peradangan pada salah satu atau kedua indung telur
  3. Esefalitis atau meningitis : peradangan otak atau selaput otak
  4. Pankreatitis : peradangan pankreas bisa terjadi pada akhir minggu pertama
  5. Peradangan pada ginjal bisa menyebabkan penderita mengeluarkan air kemih yang kental dalam jumlah yang banyak
  6. Peradangan sendi bisa menyebakan nyeri pada satu atau beberapa sendi

Pengobatan

Pengobatan yang dilakukan untuk penyakit ini paling hanya obat untuk pereda nyerinya saja karna sampai saat ini belum ada obat yang dapat mengatasi penyakit gondongan tersebut kesembuhan hanya bisa didapatkan oleh proses kekebalan tubuh kita sendiri yang berhasil melawan infeksi tersebut.

Sementara tubuh kita sedang memproses melawan infeksi, kita bisa melakukan perawatan untuk mengurangi gejala tersebut yaitu dengan cara mengompres mengunakan air panas atau juga dingin kebagian tubuh yang terasa sakit dan anda harus cukup istirahat dan sering meminum air putih.


Bagikan Artikel Ini