Jadwal Buka : Setiap Hari Pagi: 06.00 - 12.00, Siang: 14.00 - 20.00

0263 513513

ARTIKEL

Beranda / Artikel

Manula yang Ompong Apa Harus Pakai Gigi Tiruan?

Poli Gigi - 23 Apr 2019 Oleh Diaz

Assalamualaikum sahabat Klinik Keluarga. Gigi ompong merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut yang banyak dialami masyarakat Indonesia, terutama untuk orang yang sudah lanjut usia. Pertanyaannya, apakah gigi manula yang ompong harus selalu pakai gigi palsu?

Jawabanya, ya. Pemakaian gigi palsu pada lansia sangat direkomendasikan. karena saat tua pun tetap membutuhkan kerja gigi untuk beraktivitas, makan dan minum serta berbicara meski sudah ompong. Sebelum lansia pun, gigi ompong bisa bikin penampilan estetika tubuh jadi kurang.

Saat gigi banyak yang tanggal, beban mengunyahjadi tidak seimbang. Ini menyebabkan gigi lain bergerak pindah ke gusi yang sudah tidak giginya. Maka, gigi tersebut menyebabkan tidak nyaman dan sakit pada persend

Baca Selengkapnya

Posyandu Diabetes dan Posyandu Hipertensi Klinik Keluarga

Jaminan Kesehatan Nasional/BPJS - 02 Apr 2019 Oleh Diaz

Assalamualaikum sahabat Klinik Keluarga. Mungkin anda sudah sering mendengar kata POSYANDU. Yap posyandu adalah singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu.

Posyandu meliputi kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan.

Lalu apa itu Posyandu Diabetes atau Posyandu Hipertensi? Ide posyandu diabetes/hipertensi ini berasal dari posyandu balita tetapi ini di khususkan untuk para penderita diabetes/hipertensi.

Tujuan di adakannya posyandu diabetes adalah untuk mengontrol kesehatan para penyandang penyakit kronis ini.

Posyandu ini diadakan dalam rangka mendukung program PROLANIS (program pengelola

Baca Selengkapnya

Sandwich Rendah Karbohidrat, Sarapan lezat Penderita Diabetes

Tips & Tricks - 29 Mar 2019 Oleh Diaz

Assalamualaikum sahabat Klinik Keluarga. Penderita diabetes harus menjaga dan mengatur asupan makanan setiap hari. Juga tidak boleh sengaja melewatkan waktu makan. Sebenarnya pasien diabetes masih diperbolehkan untuk makan sebanyak 45 sampai 60 gram karbohidrat per porsi makan, termasuk saat sarapan.

Terbatasnya karbohidrat bukan berarti tidak boleh menikmati sarapan yang lezat. Penderita masih bisa sarapan sehat dan lezat tanpa harus khawatir gula darah naik.

Yuk coba sandwich rendah karbohidrat yang lezat dan sehat ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 lembar roti gandum
  • 100 gram dada ayam tanpa kulit, bisa diganti daging kalkun
  • Daun selada dan daun seledri secukupnya
  • 1 sendok kacang-kacan

    Baca Selengkapnya

    Hipertensi "The Silent Killer"

    Penyakit - 06 Mar 2019 Oleh Diaz

    Assalamualaikum sahabat Klinik Keluarga. Tau gak sih? Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah yang meningkat pada arteri. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.

    Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik 100 - 140 mmHg dan diastolik 60 - 90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi apabila terus menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi terbagi menjadi hipertensi primer atau hipertensi sekunder. Sekitar 90–95% kasus tergolong “hipertensi primer”, yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Kondisi lain yang mempengaruhi ginjal, arteri, jantung, atau

    Baca Selengkapnya